"7 Tips Ide Ngeblog Paling Dahsyat!"

10:06 PM |

Sekarang saya akan bagikan 7 tips ide Ngeblog yang saya pelajari selama 2 tahun ngeblog ini.

1. Motivasi awal ngeblog harus benar.

Apa Motivasi anda ngeblog? Kebanyakan orang mempunyai motivasi yang salah. Banyak yang

merasa bahwa kualitas tulisan mereka harus bagus dulu sebelum mereka berani ngeblog.

Akibatnya mereka tidak pernah memulai… atau bahkan tidak menyelesaikan apa yang sudah

mereka mulai.

Nah motivasi yang benar ketika ngeblog pribadi adalah: Bahwa anda sedang berlatih menulis.

Anda sedang memberi… anda sedang berbagi.

Jika anda datang kerumah seorang teman, untuk berbagi sesuatu, anda membawa kabar baik,

maka anda akan datang dengan percaya diri kan?

Nah begitu juga dengan ngeblog. Selalu miliki prinsip bahwa anda sedang memberi – berbagi,

maka anda akan menulis dengan nyaman dan tenang.

Dan setelah sekian lamanya ngeblog, biasanya di artikel ke 50, anda tidak akan mengalami

demam menulis lagi. Tulisan anda akan mengalir seperti aliran air di sungai. Itu yang saya

rasakan saat ini.

 

2. Ceritakan Hal-Hal Yang Anda Alami Sehari-hari.

Cara termudah untuk mulai menulis dan terus menulis adalah ini: “Ceritakan saja hal-hal yang

anda alami sehari-hari”, tanyakan diri anda: “apa yang saya alami hari ini yang menarik untuk

diceritakan?”, jika tidak hari ini, bagaimana dengan kemaren?.

Anda akan menemukan ada beberapa ide yang bisa dituliskan. Sederhana bukan? Cobalah!

 

3. Menulislah Sesuatu Yang Anda Kuasai Atau Sukai.

Jika kita menulis sesuatu yang menarik bagi diri kita sendiri, maka kita akan menulisnya

dengan antusias dan senang. Coba ingat kapan terakhir kali ketika mata anda berbinar-binar

ketika menceritakan sesuatu kepada teman anda?

Anda tampak begitu bersemangat, anda bisa bercerita dengan sangat lancar, bahasa tubuh

anda juga menarik, anda bisa bercerita berjam-jam tanpa stop bukan? J

Hal ini mencakup, hobi anda, puisi cinta untuk orang yang anda sayangi, tips-tips melakukan

sesuatu yang anda biasa lakukan atau pandai lakukan. Dlsbnya… bahkan jika hal itu hanya hal

sederhana dalam melakukan sesuatu menurut anda… menurut orang lain bisa jadi sangat

menarik. Disana saya bercerita pengalaman saya menangkap udang dengan tangan kosong. Karena saya

suka dan mempunyai sedikit keahlian disana, maka saya bisa menuliskannya dengan menarik

kan? J, anda sesekali boleh melucu dan menulis sesuatu yang konyol juga di blog anda. J

Pengunjung blog anda akan senang dengan postingan semacam itu sesekali.

 

4. Ceritakan Kembali Buku, Produk, Film Yang Anda Sukai.

Saya sering menuliskan buku-buku menarik yang saya baca. Percaya atau tidak, banyak

pengunjung blog saya yang kemudian membeli buku tersebut dan sangat tertarik membacanya

karena saya menuliskannya dengan antusias.

Benar memang, antusias itu menular. Begitu juga dengan film yang anda suka, produk yang

anda pakai dan anda suka, anda bisa menceritakannya di blog anda. Dijamin, anda akan

menjadi promotor yang baik jika sering menuliskan kembali apa yang sangat menarik yang

anda baca, tonton dan lihat baru-baru ini.

 

5. Main Ke Blog Orang Lain Untuk ‘Mencuri Ide’.

Tehnik AMPUH yang lain adalah dengan melakukan ‘blogwalking’ atau berkunjung ke blog

orang lain…untuk ‘mencuri/menemukan ide’ disana.

Ketika saya merasakan ‘kekeringan ide’ atau bahkan hanya ingin menambahkan ide yang

sudah banyak… caranya mudah, mampir ke blog yang rajin diupdate. Kuncinya adalah: Jangan

ambil idenya 100% tetapi dengan membaca berbagai postingan di beberapa blog orang lain…

anda akan menemukan banyak ide untuk dituliskan di blog anda sendiri.

Bahkan, saya yakin anda akan mendapatkan terlalu banyak ide dari blog-blog favourite anda.

Semuanya itu akan memberi warna yang berbeda ke blog anda. Karena ada banyak ide dari

blog lain disana.

 

6. Siapkan Draf Ketika Sedang Banyak Ide.

Tidak setiap kali saya mempunyai banyak ide untuk dituliskan. Tetapi saat-saat tertentu,

begitu saya mendapat ide, tiba-tiba ada banyak ide lain yang datang silih berganti.

Jika anda sedang kebanjiran ide seperti ini, namun belum sempat menuliskan semuanya

menjadi artikel, maka tuliskan saja judul-judulnya dan simpan sebagai “draft’ untuk anda

lanjutkan lain kali.

Dengan menyimpan ide-ide blog dalam bentuk draf, anda bisa kembali lagi lain kali dan tidak

kehilangan ide-ide menarik tersebut.

 

7. Menulis Sekaligus Tetapi Jadwalkan Kapan Terbitnya.

Cara yang lain ketika sedang ‘mempunyai mood yang tinggi dalam menulis’ adalah dengan

menulis sekaligus namun tidak menerbitkan semuanya sekaligus. Tetapi anda

menjadwalkannya untuk diterbitkan beberapa hari atau bahkan minggu kedepan.

Dengan menulis sekaligus tetapi menerbitkan kemudian, maka kita bisa menulis banyak

sekaligus dan tidak kehilangan ide, tetapi diterbitkan belakangan. Cara ini memastikan blog

tetap terupdate sehingga pengunjung tetap senang karena selalu menemukan hal yang baru,

begitu juga search engine senang karena menemukan isi yang baru.

0 comments:

Post a Comment